Pilih satu jawaban terbaik yang menunjukkan kemampuan
analisis, evaluasi, dan sintesis nilai Pancasila.
- Sila
ke-2 menjunjung tinggi martabat setiap manusia. Di sekolahmu, ada seorang
siswa baru yang berasal dari daerah terpencil dan belum lancar berbahasa
Indonesia. Beberapa teman menertawakannya. Sebagai siswa yang mengamalkan
Pancasila, tindakanmu seharusnya adalah...
a.
Menegur keras teman-teman yang menertawakan.
b.
Mendiamkan karena itu bukan urusanmu, namun ikut
merasa kasihan.
c.
Mendekati siswa baru tersebut dan menawarkan
diri untuk menjadi teman belajarnya, serta mengajak teman lain untuk bersikap
ramah.
d.
Melaporkan kepada guru agar siswa tersebut
dipindahkan.
- Negara
kita berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Dalam konteks keberagaman agama,
hal ini memiliki arti penting bagi persatuan. Pernyataan mana yang paling
mencerminkan hubungan antara Sila ke-1 dengan Sila ke-3 (Persatuan
Indonesia)?
a.
Semua agama harus memiliki hari libur yang sama.
b.
Pemerintah harus membiayai semua kegiatan
keagamaan.
c.
Kepercayaan pada Tuhan yang berbeda-beda harus
menjadi dasar untuk saling menghargai dan tidak memicu konflik, sehingga
persatuan tetap terjaga.
d.
Setiap warga negara bebas untuk tidak beragama.
- Di
lingkungan RT, terjadi perdebatan sengit mengenai rencana pembangunan pos
keamanan yang baru. Beberapa warga menolak lokasi yang diusulkan karena
terlalu dekat dengan rumah mereka. Untuk mencapai keputusan yang sesuai
dengan Sila ke-4, tindakan yang harus diutamakan adalah...
a.
Membatalkan rencana pembangunan pos karena
banyak yang menolak.
b.
Ketua RT memutuskan lokasi lain tanpa bertanya
lagi.
c.
Mencari lokasi yang tidak mengganggu siapa pun,
meskipun harus mengeluarkan biaya lebih mahal.
d.
Melanjutkan dialog melalui musyawarah, mencari
titik temu, dan merumuskan keputusan yang memprioritaskan kepentingan dan
keamanan bersama di atas kepentingan pribadi.
- Berikut
adalah situasi yang melibatkan pengamalan Pancasila:
- Memberikan
hak bicara yang sama kepada setiap anggota rapat.
- Menyisihkan
uang saku untuk membantu korban erupsi gunung berapi di pulau lain.
- Mengutamakan
kualitas barang dalam negeri dibandingkan barang impor.
- Selalu
beribadah tepat waktu. Situasi yang menunjukkan penerapan nilai Keadilan
Sosial (Sila ke-5) secara langsung adalah...
A. 1 dan 4 B.
2 dan 3 C. 1 dan 2 D.
2 dan 3
- Pak
Rahmat adalah seorang petani yang sukses. Ia sering meminjamkan alat
pertaniannya kepada tetangga yang kurang mampu tanpa meminta imbalan.
Tindakan Pak Rahmat ini adalah contoh konkret dari...
a.
Ketaatan terhadap hukum.
b.
Pengamalan Sila ke-5, yaitu mengembangkan sikap
kekeluargaan dan tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bertentangan
dengan kepentingan umum.
c.
Pelaksanaan Sila ke-4, karena dilakukan secara
sukarela.
d.
Menghormati kebebasan beragama.
- Kelas
6 mendapat tugas membuat mading bertema Kebhinekaan. Ada usulan untuk
menonjolkan hanya satu suku karena bahan-bahan suku tersebut yang paling
mudah didapat. Jika kamu adalah ketua kelompok, mengapa kamu harus menolak
ide tersebut berdasarkan nilai Pancasila?
a.
Karena mading akan terlihat kurang menarik.
b.
Karena bahan-bahan dari suku lain juga penting.
c.
Karena akan melanggar prinsip Persatuan
Indonesia (Sila ke-3) dengan tidak memberikan representasi yang adil dan
seimbang terhadap keberagaman budaya.
d.
Karena guru pasti akan memarahi kelompok yang
tidak lengkap.
- Toleransi
dalam beragama (Sila ke-1) tidak berarti mencampuradukkan ajaran agama.
Toleransi sejati menurut Pancasila berarti...
a.
Ikut merayakan semua hari raya agama lain.
b.
Mengkritik cara beribadah teman yang berbeda.
c.
Menghormati dan memberikan kebebasan kepada
pemeluk agama lain untuk menjalankan ibadah dan keyakinannya sesuai dengan
ajaran agamanya masing-masing.
d.
Menganggap semua agama itu sama saja.
- Saat
terjadi bencana banjir, banyak bantuan datang. Seorang koordinator bantuan
memprioritaskan pembagian logistik kepada warga yang dikenalnya, meskipun
warga lain lebih membutuhkan. Tindakan koordinator tersebut jelas
melanggar Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dan Keadilan Sosial.
Pelanggaran utamanya terletak pada...
a.
Tidak adanya persatuan di antara warga.
b.
Pembagian yang tidak melalui musyawarah.
c.
Adanya diskriminasi dan ketidakmerataan akses
terhadap hak yang sama (bantuan), yang melukai nilai kemanusiaan dan keadilan.
d.
Warga tidak mengutamakan kepentingan umum.
- Mengapa
gotong royong dianggap sebagai perwujudan paling sempurna dari prinsip Persatuan
Indonesia (Sila ke-3)?
a.
Karena gotong royong hanya dilakukan oleh
masyarakat desa.
b.
Karena gotong royong selalu menghasilkan
pekerjaan yang cepat selesai.
c.
Karena dalam gotong royong, perbedaan latar
belakang (suku, agama, status sosial) dilebur menjadi satu kekuatan demi
kepentingan bersama tanpa pamrih.
d.
Karena gotong royong merupakan tradisi kuno.
- Prinsip
demokrasi Pancasila (Sila ke-4) mengamanatkan bahwa keputusan diambil
melalui musyawarah mufakat. Jika mufakat sulit dicapai, jalan terakhir
adalah voting (suara terbanyak). Namun, mengapa hasil voting tetap harus
diterima oleh pihak yang kalah?
a.
Agar pihak yang kalah tidak merasa sakit hati.
b.
Agar proses tidak perlu diulang dari awal.
c.
Sebagai wujud tanggung jawab dan kepatuhan
terhadap keputusan yang sah demi kepentingan bersama, sesuai dengan semangat
Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan.
d.
Karena voting adalah cara yang paling modern.
II. Esai Argumentatif dan Reflektif (11–20)
Jawablah pertanyaan berikut dengan mengembangkan argumen
yang terstruktur dan logis berdasarkan pemahaman Pancasila.
- Analisis Konflik: Seorang siswa sering memamerkan kekayaan orang tuanya di sekolah. Bagaimana sikap ini dapat merusak nilai Keadilan Sosial (Sila ke-5) dalam lingkungan pertemanan di kelas?
- Sintesis
Nilai: Jelaskan bagaimana sikap saling menghormati hak orang lain (Sila
ke-2) dan sikap mengutamakan kepentingan umum (Sila ke-4) saling
berhubungan dan diperlukan dalam kehidupan bertetangga!
- Evaluasi
Dampak: Sekolahmu memutuskan untuk memberikan porsi tugas dan tanggung
jawab yang sama kepada semua siswa dalam kepanitiaan pentas seni, tanpa
memandang latar belakang akademis mereka. Mengapa keputusan ini dapat
dianggap sebagai perwujudan dari nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab?
- Refleksi
Diri: Ketika kamu berbuat salah kepada teman, nilai Pancasila apa yang
mendorong kamu untuk segera meminta maaf? Jelaskan keterkaitannya.
- Penerapan
Solusi: Lingkungan tempat tinggalmu menghadapi masalah sampah yang
menumpuk. Usulkan satu kebijakan kecil berbasis Musyawarah (Sila ke-4) dan
Gotong Royong (Sila ke-3) untuk menyelesaikan masalah tersebut!
- Membandingkan
Konsep: Apa perbedaan antara kepentingan pribadi dan kepentingan umum?
Berikan contoh di mana seorang warga harus mengorbankan kepentingan
pribadinya demi kepentingan umum, sesuai dengan Pancasila!
- Menghubungkan
Sila: Mengapa kepatuhan terhadap aturan hukum yang berlaku di Indonesia
merupakan bagian penting dari pengamalan Sila ke-5 (Keadilan Sosial)?
- Mengevaluasi
Etika: Kamu menemukan dompet berisi uang dan kartu identitas milik orang
yang tidak kamu kenal. Jika kamu mengembalikan dompet itu, tindakan
tersebut didasari oleh nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Jelaskan
mengapa demikian!
- Mengembangkan
Argumen: Di era digital, banyak informasi bohong (hoaks) yang dapat
memecah belah bangsa. Bagaimana upaya memerangi hoaks dapat dikaitkan
dengan mempertahankan nilai Persatuan Indonesia (Sila ke-3)?
- Prediksi
Konsekuensi: Jika semua orang di Indonesia hanya fokus pada perbedaan suku
dan agama daripada persamaan, apa yang akan terjadi pada ideologi
Pancasila?